Obyek Wisata Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan gugusan dari 4 baris pulau yang memiliki jarak sangat dekat, di mana lokasi keberadaannya ada di sebelah barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Gugusan ini sebenarnya masih berada di dalam lingkungan Kabupaten Raja Ampat, yakni Provinsi Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat terkenal sekali dengan berbagai lokasi wisata terindah dan terbaiknya. Banyak wisatawan, baik itu masyarakat Indonesia ataupun wisatawan asing yang terpesona dengan keindahan Raja Ampat. Bagi anda yang ingin segera mendatangi Raja Empat, inilah lokasi wisata Raja Ampat yang tak boleh dilewatkan.

Kepulauan Raja Ampat


1. Sorong

Jika anda menuju taman laut Raja Ampat, maka anda akan menemui kota Sorong pertama kali. Sorong merupakan kota bagian Papua Barat, dikenal sebagai kota minyak. Sejak 1908 kota ini sudah familiar dengan nama tersebut karena banyaknya surveyor minyak yang berdatangan ke sini untuk penambangan mereka. Asal nama kota Sorong adalah kata soren yang berarti laut dalam dan bergelombang dari bahasa Buak Numfor. Kata soren pertama kali diberdayakan oleh keturunan suku aslinya, yakni Biak Numfor. Suku ini adalah suku pelaut ulung yang bisa berlayar jauh dari sebuah pulau ke pulau lainnya. Hingga akhirnya mereka menetap di Sorong ini. Lokasi wisata di Raja Ampat kota Sorong sangat terkenal akan lautnya dengan udang dan ikan tuna. Ia juga menjadi kota dengan komoditas ekspor udang dan ikan tuna di Indonesia. sorong juga dikenal dengan budidaya teripang, sirip hiu, dan mutiara. Anda yang datang ke sini wajib mengunjungi berbagai objek wisatanya seperti pulai Raam, pantai Tanjung Kasuari, pulau Doom dan pulau Soop. Ada pula pulau Dofior yang memiliki tugu selamat datang, dan tembok Dofior yang memiliki panorama alam dan laut yang indah.

Sorong


2. Desa Arborek

Objek wisata Raja Ampat lainnya ialah Desa Arborek yang merupakan pelopor utama dari 18 desa nan indah dan memukau di Papua Barat. Desa ini sudah mengembangkan konservasi lokal akan kekayaan lautnya berbasiskan dari masyarakat, oleh masyarakat serta untuk mayarakat. Desa ini sangat terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang luar biasa. Sepanjang dermaganya, anda bisa melihat banyak penyelam mencari serta menemukan Gorgonia dengan mudah.

Desa Arborek

3. Kokas

Kokas adalah salah satu dari sekian banyaknya lokasi wisata menarik di Raja Ampat. Kokas adalah bagian dari kecamatan yang ada pada Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Kokas adalah kota yang baru bertumbuh. Komunitas masyarakatnya yang umum adalah nelayan asli Papua serta mereka yang berdatangan dari Maluku, Buton dan daerah lainnya. Air Terjun Kayumi menjadi objek wisatanya yang paling memukau. Ada juga goa Jepang di Kokas yang merupakan bukti nyata peninggalan Jepang.
Air Terjun Kayumi

Nah, itulah beberapa lokasi wisata Raja Ampat yang tak boleh terlewatkan. Berbagai objek wisata lainnya yang juga tak boleh dilewatkan ialah Danau Kamaka dan Desa Sauwandarek. Anda yang sudah terlalu penat dengan kesibukan tengah kota yang padat, yuk berlibur!

Artikel Terkait

Obyek Wisata Kepulauan Raja Ampat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email